Cara Merekrut Karyawan


Salah satu tahapan yang “seru” dalam langkah bisnis: merekrut karyawan. Ini beberapa catatan utk UKM ya. Ketika mulai bisnis, semua kita lakukan sendiri. Dari mulai angkat-angkat, jual-jual sampe bersih-bersih. Hingga jualannya makin laris, udah ada
keuntungan, makin repot.. Saatnya rekrut karyawan.

Maunya rekrut karyawan yang pinter, inisiatif, makan bangku kuliahan. Tapi, apa daya kantong belom mampu. Alhasil, “seadanya” dulu. Cari karyawan yang penting: terpercaya + mau kerja keras,  minimal lulusan SMU lah, biar ga
susah ngajarinnya. Satu hal tentang merekrut karyawan:
jangan tergesa-gesa. Pikirkan baik2, “dia ini orang yang cocok apa ngga ya?”.

Karena, salah rekrut ini akan ngabisin waktu, ngabisin tenaga, ngabisin uang #percayadeh. Untuk GAJI, tanyain: kamu butuh berapa? Kalo kita sanggup, bayar atau lebihkan. Kalau ngga sanggup, mending jangan lanjut.

Bukan apa2, tapi kalo orang digaji di bawah kebutuhannya, pasti dia akan nyambi sana sini, ga fokus kerjanya. Setelah itu, AJARIN. Contohkan semua pekerjaan yang perlu ia lakukan. Pake modul (tertulis) supaya ngga ada yang
terlewat. Rajin-rajin CATAT detil pekerjaan karyawan. Sedikit-sedikit cicil tuh sistem bisnisnya.

Repost from @motivatweet.

Reverts to Islam


image

For my new brothers and sisters, how I envy all of you with the depth of imaan and understanding in Islam that you’ve gained through your journey. You cried when you recite shahadah, but I, already born Muslim having a hard time  trying to have the same feeling like all of you when recite those word. May Allah bless you all and keep you steadfast on the deen. Aamiin. (Repost ig islamicpostz)

Selamat Hari Raya


Selamat hari raya id Adha. Taqabalallaahu minna wa minkum.

Alhamdulillah ketemu hari raya lagi. Pertama kali sholat id di ma’had. Yang beda, selesai sholat biasanya langsung pulang tapi ini datang nampan nasi plus lauknya. Nasi liwet pun. Masya Allah. Syuka. Selese makan trus pulang.

Sampe rumah makan lagi. Heu. Makan rujak mangga yg dicacah. Dulu pas masih kecil sukak bikin cam ni. Tapi dah lamaaa bgt ga pernah makan lagi. Kmrn my luvly zauj belikan mangga muda. Tetiba inget mangga cacah. Jadilah buat ni. Nom nom.

image

Pernikahan Kami


image

Di tanggal ini, di bulan yang lalu. Sudah sebulan kami menikah. Bersyukur hari ini bisa ketemu temen² lagi. Dengan gelar baru. Dan tetep masih jadi bahan becandaan juga. Kata temen, “Masih bau melati“. Mmm..iya gitu?

Masih ingat waktu bersalaman untuk berpamitan. Untuk pertama kali orang tua melepas anak yang dah dilahirkan dan dibesarkan penuh kasih sayang untuk pergi dengan laki-laki yang belum lama dikenalnya. Untuk pertama kalinya juga anaknya pergi meninggalkan rumah untuk mengikuti suami. Rasa sesak sangat. Memandang wajah dan mata orangtua. Melihat besarnya rasa cinta orangtua pada anaknya.

Dah biasa pamit untuk pergi-pergi jauh, tapi pamitnya kali ini dengan rasa yang berbeda. Mungkin begini juga dulu ketika mbah putri rahimahallaah melepas kepergian ibuku pergi merantau mengikuti ayahku. Maka seorang laki-laki yang menjadi suami dari anaknya bapak ini telah memikul amanah dan tanggung jawab besar karena bapak anaknya sudah mempercayakan anaknya untuk dijaga.

Semoga Allah menjaga, merahmati, dan memberi barakah pada kami. Aamiin.

Fix Your Heart


Ini tentang kehidupan yang sudah sekian lama kita jalani. Hidup yang kadang mudah kadang sulit. Kadang suka kadang duka. Kadang iman kadang futur. Memang beginilah kehidupan kita selama ini.

Bagaimana rumitnya hidup ini kuatkan hatimu. Stay strong, keep your head up & believe in Allah will always help you. Kalo bukan Allah siapa lagi yg bisa nolong kita. Kita aja gak mampu nolong diri kita sendiri. Get closer to Allah Ta’ala.

Kita butuh Allah untuk menolong dan menguatkan kita. Menuntun kita menuju jalan yang lurus. We need to depend on Allah and trust that what Allah has planned for we is the best we can have, for this life and the hereafter.

Fix your heart to Allah & followong sunnah of Rasulullah. Insyaa Allaah. Allah will make everything easier on us.

Back to Bandung


image

Berangkat pagi² kami di antar abang & kwnnya. Abang baik.

image
Morning at Stasiun Tugu, Jogja. Waiting for Lodaya Pagi at 8.20 *yhay*

image
Sambil uhuk-uhuk kena asep rokok…

Jogja Istimewa


image

Spent the night at “Your home is far away from home” home stay. Alhamdulillah hening dan ga banyak ketemu “buka-bukaan” people. Orang luar banyak yg dateng ke negeri kita. Jadi seneng bisa liburan di negeri sendiri.

Alhamdulillah bisa dateng ke ma’had yg di Sewon. Pemandangan pedesaan banget. Masya Allah. Smoga bisa main ke t4 mb Win lagi.
image

Jadi berasa banyak sodara aja.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 411 other followers