Teman, pernahkah anda mengalami VMJ? Pasti seneng banget. Walaupun tidak semua orang mengalaminya dan senang akan hal ini, tapi VMJ itu wajar banget. Pergaulan sehari-hari bisa saja mempengaruhi hal itu terjadi. Apalagi jika anda kuliah di bidang IT, hal ini sangat cepat sekali menyerang. Bahkan lebih cepat setelah anda perkirakan sejak anda mengenal dan bisa membedakan antara program, pemrograman, dan bahasa pemrograman.

Begitulah VMJ telah mewarnai hari-hari calon tenaga kerja professional di bidang IT. Tak perlu khawatir teman, karena dengan kebiasaan yang baik, VMJ akan berkembang dengan baik pula asal dikelola dan terus dipacu. Misalnya dengan mengikuti pelatihan atau kursus. Tapi biasanya hal tersebut akan menghabiskan lumayan banyak uang. Saya rasa lebih baik jika anda mau mengikuti forum diskusi yang ada di internet. Mereka membicarakan tentang software, komputer, jaringan, keamanan computer, keamanan jaringan, kriptografi, hacker, dan masih banyak lagi. Mereka juga membahas bahasa pemrograman seperti  Java dan teman.  Melalui forum diskusi inilah anda yang terserang “Virus Menulis Java” atau VMJ akan mendapatkan bantuan jika suatu saat mengalami kesulitan dalam mengerjakan program anda. Contohnya saja di salah satu forum ada seseorang anggotanya melempar pertanyaan pada forum mengenai cara menghubungkan Netbeans dengan Oracle dan luar biasa tanggapan anggota forum yang lain sangat baik. Mereka menjelaskan dengan memberi script dan langkah kerja yang baik. Seneng banget kan, belajar rame-rame. Tidak hanya itu mereka juga menyediakan tutorial-tutorial untuk para pemula.

Di Politeknik Telkom juga telah tersedia forum diskusi untuk belajar bahasa pemrograman, namanya Java Community. Baru dibentuk sekitar 4 bulan lalu dengan anggota sekitar 60 orang. Menyenangkan sekali bisa berdiskusi sehingga makin meningkatkan pengetahuan kita. Kami juga telah menyiapkan beberapa proyek besar rekomendasi dari dosen Pembina kami yang dipersiapkan untuk kampus kami. Semoga dipermudah.

Sangat menyenangkan banget waktu kamu mulai tertarik untuk memulai menulis Java dan sekarang giliranmu kena VMJ.