Berteman itu memang banyak manfaatnya, tapi gak sedikit juga lhoh yang berteman malah membahayakan atau menyusahkan diri sendiri. Makanya kita harus melihat sahabat seperti apa yang bainya kita pilih untuk masuk dalam kehidupan kita. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Pernah menyesalkan kan ? Dan pastinya nyesek dan gak enak banget, kan? Hehe. Ya begitulah liku-liku pertemanan, yang hampir dialami oleh semua orang.

Sebagai evaluasi diri, saat kita menemukan “a moment” dimana ada masa-masa krisis  dalam pertemanan. Ada baiknya kita menjadikan diri menjadi lebih baik dan sudah saatnya kita belajar menjadi teman yang baik.

  1. Jangan terlalu “anarkis” dalam minta tolong.
    Seharusnya KITA adalah orang yang paling siap KAPANPUN dan DIMANAPUN untuk dimintai tolong oleh teman dan orang-orang terdekat kita, BUKAN orang yang mudah untuk merepotkan teman kita.
  2. Memahami keadaan teman
    Saat terdesak kita memerlukan pertolongan orang lain, pastikan meminta tolong dari orang terdekat. Bukan TEMEN DEKET yang jauh, karena itu akan merepotkan temen kita. Makanya sebagai teman yang baik kita juga harus “MIKIR”, biar kita ga menjadi beban untuk orang lain.
  3. Bawa Santai
    Kalau ada suatu saat dimana temen kita melakukan kesalahan, jangan buru-buru untuk menyalahkan dan ngambek. Tapi justru bawa santai aja. Misalnya temen kita lupa dengan janjinya, sebagai teman yang baik kita harus BERSABAR.
    Banyak hal yang bisa dijadikan alasan kita untuk selalu bersabar terhadap teman kita di antaranya adalah MENGINGAT KEBAIKANNYA. Kalau tidak ada, inget-inget lagi. PASTI ADA. ^^
  4. Cari Moment Untuk Sharing
    Kalau ada hal yang disukai dari teman kita,entah sikapnya, perkataan, tutur kata. Ada baiknya, kita berusaha untuk JUJUR satu sama lain, agar tidak ada hati-hati yang tersakiti. Kita mereasa nyaman dengan TEMAN kita, teman juga merasa nyaman dengan KITA. Jadi, inget, SHARING selalu untuk mengungkapkan semua hal, terutama YANG TIDAK DISUKAI.

Ada lagi ga ya ? Mungkin kalau ada yang lain, temen-temen bisa menambahkan. Karena dalam hidup ini kita akan bertemu dengan orang lain yang mungkin jauh berbeda dari KITA, baik kebiasaan, sikap, keinginan kita. Jadi harap MAKLUM dengan kekurangan temen kita. Jika kita berusaha menjadi temen yang baik untuk temen kita, insyaa Allaah temen kita juga akan menjadi teman yang baik untuk kita. Jadi, saatnya menjadi teman yang baik. Berusahalah… ^^.

Alhamdulillaahiladzi bini’matihi tatimmush-sholihaat, kita (pernah) mempunyai teman yang baik. Jangan sampai kita membuat temen menyesal setelah berteman dengan kita.

Inget baik-baik ya . Allaah yang memberti kita teman yang baik, Allaah juga yang mendatangkan teman yang kurang baik.
Semuanya untuk memperingatkan kita, kita harus menjadi TEMAN YANG BAIK. ^^