Baiklah, saatnya melanjutkan tulisan kemarin kalau ada yang belum menyimak, bisa dibaca di Hacker Jahat Serang FB Muslimah (1).

Oke kita kembali ke jalan yang benar. Di tulisan yang sebelumnya aku cerita aku pernah belajar sedikit tentang teknik buat mengambil alih akun orang, tapi yang jelas gak aku praktekin karena tentunya aku gak sejahat itu ya teman-teman. Hehe.

Aku mau cerita dikit. Tolong gunakan ini sebagai pengetahuan ya, soobbJangan untuk agenda kejahatan. Jadi cara mengambil akun FB orang lain itu adalah dengan membuat alamat link jebakan atau tautan jebakan yang di dalamnya di tulis kode-kode (script) yang digunakan untuk mengambil alamat email dan password FB orang tersebut. Setelah itu, link tersebut di kirimkan atau di taruh iklan atau entah diletakkan dimana, tujuannya agar ada yang ,meng-klik link atau tautan tersebut.

Makanya, jangan heran kalau setelah itu kamu tiba-tiba disuruh log-in lagi. Padahal kamu udah log-in di awal tadi. Dan parahnya lagi ada tautan / link yang bertuliskan, “Cobalah Facebook terbaru” atau apalah gitu tulisannya dan tentunya orang akan mengira itu dari FB dan berhasillah dia kena jebakan Betmen.

Tentunya masih banyak lagi, jebakan-jebakan betmen, jebakan supermen, jebakan si emen yang lain yang lebih licik dan sasarannya lebih beraneka ragam dan bukan di FB aja, tapi juga situs-situs yang lain. Tapi aku gak terlalu paham itu membahas yang banyak itu. Jadi, kalau ada yang tau, tolong bersuaralah. Hehe.

Baiklah, teman-teman, harap tenang karena kelicikan hacker jahat itu juga kehendak Allaah. dan daris emua problematika ber Fb ria itu tentu juga ada cara pencegahannya, temans dan itu sangat mudah kita lakukan. Beberapa teknik agar FB tidak mudah untuk diserang para Hacker jahat adalah :

  1. Sembunyikan email yang dipakai untuk masuk ke halaman FB. Sembunyikan secara baik dan benar, agar tidak nampak oleh orang lain.
  2. Jangan mudah meng-klik  Link atau alamat tautan yang tidak jelas asalnya dari mana. Iklan atau sebagainya. karena bisa jadi itu jebakan Betmen (atau Jebakan Supermen atau Jebakan si Emen atau jebakan yang kain).
  3. Jangan buru-buru memasukkan email dan password FB. Lihat baik-baik URLnya. Pastikan URLnya bener-bener dari FB, bukan dari yang lain. Karena ada link atau tautan yang dibuat sama banget seperti FB, tapi URLnya bukan dari FB, itulah URL  Jebakan Betmen.
    Ini adalah alamat URL FB.

Trus apalagi ya? Mungkin dari temans ada yang tau lagi gimana cara antisipasi mencegah pembajakan FB oleh para Hacker yang jahat?

Ada yang seseorang bilang, “Delete FBnya…“. Oke, terima kasih teman, sangat solutif sekali. Hehe.

Karena, tujuan hacker jahat itu memang macem-macem  dan rata-rata tujuan mereka pada menyimpang semua dari jalan yang banar. *Asseeg*

Misalnya dibuat jualan hape with tipu-tipu, ada yang buat menghina-hina kayak kejadian di akun temen aku pagi ini, dan masih banyak lagi.

Dan jujur, aku paling gak percaya beli hape atau elektronik secara online, karena gitu mayoriyas, mereka pakai gambar-gambar palsu dan itu sangat sangat bikin gak meyakinkan. Dan kalau aku mau beli online pun ya aku mau ke penjual yang aku bener-bener tau integritasnya di dunia perdagangan online dan offline.

Kalau beli jubah atau jilbab secara online itu aku pernah dan bahkan paling sering aku lakukan. Karena yang pasti penjualnya akhawat salafiyyat yang terkenal sangat jujur (dan bukan jujur kacang ijo). Subhanallaah.

Aku pernah beli di Solo, Jogja, Semarang (kalau ga salah inget), Depok, Bogor, kecuali beli keluar pulau Jawa. Hehe. Karena aku akan terlihat menjadi sangat aneh kalau beli jilbab secara online keluar pulau Jawa, kenapa? karena rata-rata mereka impor dari Jawa. Dan harga pakaian di luar Jawa itu sangat Alhamdulillaah, kalau buat penjual hasilnya lumayan. Hehehehe.

Jadi karena itu, karena aku dengan kebutuhanku, aku memutuskan untuk berbisnis dengan semua orang yang mau berbisnis dengan aku tentunya. Aku mengelola Online Gallery Gamis dan Jubah dan masya Allaah sudah satu tahun. Alhamdulillaah. Kenapa jadi ngomong sampai kesini ya? Hehe *garuk-garuk pala*. Tapi ya sudahlah.

Begitulah teman-teman, aku ngerasa artikel ini lebih mirip kayak berita-berita kriminal. Tapi gak apa-apa. Yang penting selamatkan FB kamu dari tindak kejahatan, kalau gak ada kepentingan banget ada baiknya kamu ngikutin saran temen aku untuk delete FB. Inget kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Jadi WASPADALAH…

Thanks for visiting my blog. Semoga apa yang aku tuliskan ini bermanfaat. Terima kasih buat followers dan pembaca lain yang udah capek-capek datang kemari. Jazaakumullaahu khairan wa baraakallaahu fiyk.

Wassalamu’alaykum warahmatullaahu wabarakaatuh.