Ada korelasi sangat baik antara mengucapkan salam dan masuk Surga (Jannah).
Salam merupakaan syiar Islam dan mengandung do’a, meskipun kita jarang menghayati maknanya saat mengucapkannya. Dan ada sebagian kaum muslimin yang enggan mengucapkan salam dan mengganti dengan ucapan yang lain yang di ‘impor‘ dari negeri kafir.

Padahal kalau kita tau keutamaan salam, pasti akan selalu mengucapkan salam dan selalu menjawab ucapan salam dari saudara kita. Apa itu keutamaannya?

Mengucapkan salam itu salah satu ibadah yang bisa mengantarkan kita bisa masuk surga.

Rasulullaah Salallaahu ‘alayhi wassalam bersabda : Maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang mana apabila kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling menyayangi. Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Mengucapkan salam adalah cara untuk kita yang sesama muslim agar bisa saling mencintai karena Allah.

Dan orang yang saling mencintai karena Allah akan diberikan banyak sekali keutamaan, diantaranya adalah dimasukkan di dalam Jannah.

“Barangsiapa yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya, akan ada penyeru yang menyeru dari atas: “Engkau telah berbuat baik dan telah baik perjalananmu. Engkau telah mempersiapkan tempat di surga. (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6163)

Tentu mengunjungi saudaranya atau menjenguk orang sakit itu dilakukan karena cinta kepada Allaah.

Begitulah amalan sederhana yang memberi manfaat luar biasa.

Grafik singkatnya : Mengucapkan salam>Menyebabkan saling mencintai karena Allah>Orang yang saling mencintai karena Allaah, disiapkan untuk mereka surga.

Semoga kita termasuk didalamnya. Aamiin.

Untuk lebih lengkap, baca ini juga : Keutamaan Mengucapkan Salam.

Allaahu a’lam bishawab.