Roses are pink

Lanjutan tulisan Tentang Mata : Degradasi Retina.

Ya begitulah ujiannya.. Oiya degradasi retina juga bisa menjalar ke mata yang satunya, meskipun matanya ga menjalar. Istilahnya kayak salah satu telinga yang sakit, telinga yang lain ikut sakit. Mbak itu juga. Mata kiri yang di operasi, tapi mata kanan juga kena imbasnya. Tapi mbak itu masih bisa diselamatkan dengan pake semacam tetes mata gitu. Bagian mata yang kena itu bagian apa ya namanya,lupa, nama ilmiahnya susah kali disebut (& susah di inget).

Pokoknya mata kanannya ada masalah yang mengakibatkan, mbak itu kalo melihat jadi kayak ada yang terbang-terbang gitu. Jadi yang masalah itu ada di pinggiran bola matanya. Bola mata itu kan bulat kan, di pinggiran bola mata itu ada semacam gel dan ternyata gel yg di mata kanan mbak itu kayak meleleh gitu, dan lelehannya itu jadi  kayak selaput. tapi tipis. selaput itu yang bikin efek terbang-terbang saat melihat. Ya begitulah.

Saking seringnya operasi, adek mbak itu sampai pernah tanya, “Kira-kira berkali-kali operasi ini semakin membaik ga ya kak?”. Kayak kain aja robek di jahit lagi, robek dijahit lagi, robek dijahit lagi. Apa jadinya? Tapi beruntungnya mbak itu sudah jadi orang optimis sekarang, bukan orang pesimis saat ketika pertama-tama kali tau tentang masalah penglihatannya. Dulu pas awal-awal emang stress katanya.

Mbak ini jauh lebih beruntung ni“, gitu katanya. “Karena orang lain yang operasi itu ada yang gak berhasil, ada yang jadi hilang penglihatan sebelah mata. Ada yang jadi tuna netra, karena ga bisa melihat dua-duanya. Karena ya itu tadi, satu mata sakit, bisa menjalar ke mata lain“.

Mbak sekarang lebih santai di banding dulu“, katanya lagi. Sekarang di bawa seneng, lebih santai, dan dibawa jalan-jalan aja kemana-mana. Sekarang ketawa-ketawa aja, sampe adeknya kadang ngingetin, “Awas mata tu, mataaaa..“, kata adeknya cekikikan.

Ada baiknya emang memeriksakan retina sejak dini. Kalau mata minus bisa di atasi dengan wortel / bayam. Jadi mata kita kita itu perlu zat yang namanya (apa ya, lupa), dan dengan mengkonsumsi bayam kira-kira semangkuk sup kecil itu udah memenuhi kebutuhan zat itu setiap hari.

Untuk mata yang minus, bisa dengan minum jus wortel, mbak itu matanya dari minus 3 bisa kurang jadi 1. Kata ibu penjaga optik yang di depan rumah ini juga gitu. DI tlatenin aja minum jus wortel. Meskipun banyak orang bilang gak berguna, tapi nyatanya emang gitu.

Wuih. Panjang ya tulisannya. Tapi cerita ini bener-bener menyadarkan banget. nikmatnya kesehatan mata. Alhamdulillaah kita masih bisa melihat. gratis lagi. Sedikit aja bagian mata rusak, fyuh semahal itu biaya operasinya. Mata memang sangat berharga.

Sesuatu yang berharga adalah sesuatu yang mudah rapuh. Kita diberi panca indra pasti ada manfaatnya. Lihat mana yang paling rapuh? Kalau kaki dia di bawah tangguh. Tangan kalau diserang bisa bela diri. Sedangkan mata?

Itulah kenapa mata ada di atas, agar terlindungi, agar terjaga.
Ngomongin mata, jadi ngomongin perempuan ya. Hhehe.

Samping minimarket, 2 Feb 12 1:07 pm
Baru itu, kayaknya mbak itu non muslim.