White Rose

Kesehatan itu sangat berharga, mahal, dan anugreh yang sangat luar biasa besar dan nikmatnya.

Hari ini aku menyimak kisah seorang mbak-mbak yang jauh-jauh datang dari Medan ke Bandung untuk operasi Retina, karena retinanya sobek setengah. Sampai saat ini operasi yang dijalani udah empat kali dan harus rajin-rajin kontrol ke dokter.

Sobeknya retina itu bisa terjadi karena mata minus atau plus yang terlalu besar. Mbak itu memang tinggi -7, tapi mata kanan -2 . Bisa juga pengaruh radiasi benda elektronik yang mengakibatkan degradasai retina, semakin berkurangkan kemampuan retina, atau keturunan. Retina itu makin lama bisa makin tipis dan akhirnya sobek.

Bahkan handphone itu pengaruh radiasinya lebih besar daripada komputer/laptop. Padahal handphone lebih kecil kan? Kata dokter, ada penelitian telur yang didekatkan ke handphone. Lama-lama telornya itu mateng.

Terus menerus di depan komputer/ handphone gak bagus lo, apalagi yang kerjanya emang di depan komputer terus hampir setiap hari. paling nggak beberapa menit mata itu harus di istirahatkan. kalau telpon jangan nempel di telinga. harus ada jarak antara telinga dan handphone. kalau nggak ya gitu, ada resiko kena degadrasi retina dan harus dioperasi.

Kata mbaknya sekali operasi retina di Bandung 15 juta, kalau di jakarta sekitar 30 juta. Belum termasuk biaya penginapan dan lain-lain. Berapa habisnya sudah? Mbak itu udah empat kali operasi. Sudah habis berapa? Subhanallaah.

Mbak itu banyak banget cerita, di Medan ternyata kedeteksi retinanya sobek itu sudah terlambat banget dan ketika tau retina sobek di kasih waktu seminggu untuk segera melakukan operasi atau kalo nggak…. retinanya semakin robek dan bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen.

Akhirnya mbak itu cari info dan dapetlah di Bandung. Operasi pertama di tahun 2010, karena ketahuannya udah terlambat jadi ga bisa di laser tapi harus di tambal pake silikon. Tapi bukan yang permanen, karena kata dokter resikonya terlalu besar. Kalau tambal pakai yang bukan permanen itu kayak kasus yang mbak itu alami, ternyata retinanya gak mau nempel. Setelah operasi itu sobekannya lepas lagi dan ada tiga sobekan di retinanya itu dan ada salah satunya udah setengah.

Setengah sobekan itu mendekati ke makula. makula itu bagian dalam mata yang inti untuk penglihatan. Kalau sobekan itu kena makula. Udah, berarti gak akan bisa….

Kata si dokternya yang ngrawat mbak itu bilang, “Kamu harus bersyukur, karena robekan itu di bawah dan masih bisa di tangani. Coba kalau robekannya dari atas, udah, retinanya kan jatuh dan otomatis kena bagian makula“.

Begitulah, sekarang seteleh operasi itu mbaknya bisa melihat meskipun burem. Dulu awal-awalnya dia cuma ngerasa kayak ada satu helai rambut jatuh di depan mata. Tapi setelah di sibakkan, kok tetep ada. Akhirnya lama-lama semakin melebar. Sampai akhirnya mbak itu cuma bisa melihat kakinya aja. Melihatnya mata terbuka biasa, tapi dia cuma bisa liat bagian bawah. Bagian yang lain udah gelap kayak ada tirainya. Harusnya ketika ada robekan dikit di retina, hari itu juga harus di operasi. Beberapa orang begitu dan alhamdulillaah bisa sembuh dengan di laser.

Tapi kasus mbak itu harus operasi dan setelah operasi alhamdulillaah mbak itu udah lebih baik, udah bisa melihat meskipun burem.

Dan efeknya kalau operasi retina itu, muncul katarak Jadi mbak itu juga harus ganti kaca mata. Dan pantangannya juga banyak setelah operasi. Gak makan kopi, keju, coklat. Trus kalo mau ambil barang jatuh harus jongkok, ga boleh langsung nungging. ga boleh terlalu tengadah, kalau di panggil ga boleh langsung tiba-tiba noleh. Kalau ngomong ato ketawa juga ga boleh kenceng-kenceng.

Trus apalagi ya. Mmmm.. selama enam jam mata jadi burem, jadi emang harus ada salah satu kelaurganya yang nemenin.

Kata mbak itu juga sebelum di operasi kan di bius total, katanya kalau di bius itu rasanya jantung itu jadi mengempis, lama-lama mengempis trus lama-lama jadi ga sadarkan diri. Sedih katanya, sampai kadang keluar air mata. Disini mbak itu cuma berdua ama adeknya. Gak ada papa mamanya.

bersambung…

Bandung, 1 Feb 12 18:39 pm