Liat-liat krim perawatan kecantikan tetangga sebelah. Jadi pengen deh. Krim racikan dari dokter. Krim malam, krim siang, dan sabun pencuci wajah. Tapi saking banyaknya krim kecantikan wajah yang betebaran, dengan nama yang beraneka ragam dengan packaging yang sepertinya home made. Itu bikin aku jadi mikir mikir lagi. Meskipun racikan dari dokter.

Antara iya dan tidak. Harganya ga terlalu mahal sih. Tapi khawatirnya mengandung merkuri dan/atau hydroquinone.  Apalagi kemarin baca tulisan di sebuah toko online. Tulisannya begini :

CIRI-CIRI PRODUK KECANTIKAN MENGANDUNG MERKURI.
Selain dengan Pemeriksaan LABORATORIUM untuk mengetahui Kadar merkuri, krim merkuri mempunyai ciri yang sangat khas yaitu :

  1. Krim pada umumnya lengket.
  2. Krim pada umumnya tidak HOMOGEN (tidak menyatu & kasar), bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat.
  3. Bau logam merkuri tercium atau sebagian menggunakan parfum menyengat untuk menghilangkan bau logam merkuri.
  4. Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna untuk kosmetik, umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil, Warna krim putihnya mengkilat.
  5. Bila diusapkan pada kulit terasa panas dan gatal.
  6. Pada pemakaian awal meyebabkan Iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
  7. Warna Putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat
  8. Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat (kurang 1 minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih cepat memberikan warna putih)
  9. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini disebabkan lapisan kulit epidermis telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi untuk melindungi radiasi paparan sinar matahari, Jerawat dalam keadaan normal adalah berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga untuk mengontrol perawatan kulit wajah, bila anda lupa untuk melakukan kebersihan wajah, umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri hal ini tidak terjadi lagi, karena struktur protein kulitnya telah berubah & menjadi rusak.
  10. Pori-pori tampak mengecil & halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis & terkelupas oleh logam merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil & halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, kulit terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah sdh tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terbakar yang disertai rasa gatal.
  11. Bila anda telah tercemar merkuri & pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal, muncul bintik-bintik hitam dibawah kulit sebagaian ataupun merata di wajah.
  12.  Warna Putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman ( efek REBOUND ).

Dari ciri tersebut diatas, diharapkan konsumen bukannya takut menggunakan kosmetik tetapi untuk lebih meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang kosmetik sehingga lebih cerdas dalam memilih dan memahami kosmetik

~> Begitulan isi tulisannya. Setelah baca-baca itu serem juga ya efeknya. Dan tentunya masih banyak lagi efeknya. Jadi gimana? Jadi beli krim kecantikkan ga ya?