1. Strategi paling mendasar agar konsumen setia dengan produk kita adalah: produk harus berkualitas
  2. Setelah produk berkualitas selanjutnya lakukan inovasi secara berkala sehingga ga kalah dari pesaing
  3. Ketahuilah bahwa pelanggan beralih ke pesaing karena produk kita tidak berkualitas dan tidak ada inovasi
  4. Produk yang kita jual harus memiliki kelebihan dibanding pesaing
  5. Konsumen harus tahu tentang review produk dan kelebihan dibanding pesaing, marketing sangat penting
  6. Tetapkan harga yang value for money. Harga sesuai dengan kualitas yang diberikan
  7. Lakukan promosi secara berkala, infokan ke konsumen program promosinya sehingga konsumen tetap update
  8.  Buat event program / apresiasi secara berkala misalnya adakan program berhadiah, kuis
  9.  Bangun keterlibatan konsumen, misal forum, social media, product development, event
  10. Buat program reward point atau membercard untuk membangun loyalitas pelanggan, pembelian berulang
  11. Bangun komunitas merek utk create customer loyalty di dalam komunitas. Berikan manfaat ke mereka
  12. Ciptakan varian produk baru atau bentuk kemasan baru sehingga semakin banyak pilihan
  13. Permudah konsumen utk melakukan pembelian, misalnya ada toko online, free ongkir dll
  14. Berikan insentif bagi konsumen yg beli banyak atau apresiasi utk konsumen yang loyal
  15. Layanilah konsumen dengan baik, ramah dan respon komplain dengan baik untuk perbaikan kita

Written Hermas Puspito. 10:53 PM 10/2/2012