Buat yang punya toko online dan offline pastinya udah punya pelanggan donk, minimal satu #lumayan. Yang baru buka, yang masih bejibaku nyari pelanggan, terus semangaaaad ea, ibook-ibokk.. Hehe..

Ini nih, saya punya tips gimana menghadapi para konsumen, ini ya sedikit banyak adalah pengalaman selama  di Bandung.

  1. Dengarkan konsumen
    Di artikel sebelumnya buk, saya cerita bahwa karakteristik konsumen itu banyak bertanya. Wajar. karena mereka tidak tau persis karakteristik produk yang kita tawarkan. Jadi sebagai penjual yang budiman, maka kita harus ramah-ramah mendengarkan, kemudian menjelaskan setiap pertanyaan konsumen.
  2. Jangan berharap sukses kalau kita saja enggan melayani konsumen dengan baik
    So pasti.. Layani konsumen dengan baik, pelanggan merupakan bagian penting dalam kesuksesan bisnis.
  3. Belajar sabar ketika konsumen tiba-tiba komplain. Dengarkan saja dan layani dengan baik. 
    Penjual harus siap dengan resiko ini. Misalnya saya pernah mendapat komplain ternyata panjang gamis kurang panjang, kemudian saya katakan kepada pelanggan saya untuk mengirim balik gamis tersebut, akan kami perbaiki sekaligus saya  ganti ongkos kirimnya. Alhamdulillaah, sampai sekarang saya masih berhubungan baik dengan pelanggan saya tersebut dan saya juga masih menerima pesanan dari beliau.
  4. Pemasaran terbaik adalah ketika konsumen saling merekomendasikan produk kita. Word of mouth strategy.
    Nah, ini adalah efek positif dari pelayanan pelanggan yang baik, maka pelanggan akan senang hati merekomendasikan produk kita kepada teman-temannya. Jadi, jangan remehkan pelanggan, sekalipun kita berjualan di toko online.
  5. Dekati komunitas konsumen, cari tahu need and wants mereka, kita bisa lihat peluang dari sini
    Ibok-ibok bisa gabung di group emak-emak yang lagi booming di fesbuk, twiitter, atau yahoo group dll. Selain bisa memperkenalkan produk, kita juga bisa sharing atau survey untuk mencari peluang usaha baru.
  6. Bangun relasi jangka panjang dengan konsumen. Jadikan konsumen sebagai mitra, dengarkan dan layani dg baik

Demikian ibok-ibookk, sedikit sharing dari saya yang poin-poinnya di ambil dari tulisan @EntrepreneursIDSemoga bermanfaat, terus semangat jualannya.

Untuk yang baru mulai usaha seperti saya, perjalanan masih panjang, masih tiga empat pulau belum terlampaui. #halah.