Menabung itu penting, biar bisa naik haji, ceman-ceman. Hihihi. Bisa buat nambah modal usaha di tahun depan. Buat nikah bulan depan, dan lain lain. Semangat sih semangat buat nabung cuman kalo pas kepepet eh kepake juga. yaahhh _-‘

Jadi gimana ya caranya biar nabung itu jadi asik dan konsisten? Menurut referensi yg pernah aku baca sih, nabung itu harus dibiasakan dari kecil biar bener-bener jadi kebiasaan. Tapi gak ada kata terlambat lah kalo kamu mau mulainya dari sekarang.

Nah, barusan baca artikel di internet nih, katanya ada cara-cara biar nabung itu gak jadi beban. Wuih. nih cara-caranya :

  1. Dengan membulatkan harga. Kalo belanja 7.500 dibuletin aja jadi 10.000 yang sisanya 2.500 ditabung. Dikit-dikit lama lama jadi bukit.. 
  2. Simpan dan lupakan. Kalo dapet uang tak terduga, langsung simpen dan jangan di inget inget lagi. Gaswatnya kalo jadi lupa beneran..
  3. Siapkan celengan. Gopek cepek kalo dikumpulin selama setahun lumayan juga loo. Ada yang sampai jutaan ga ya? Hihi
  4. Nominal tertentu. Bikin komitmen misalnya setiap pecahan lima rebu rupiah akan segera di tabung. Gitu.

Aku sih konsistennya pake celengan, karena lebih bahagia nabung recehan daripada nabung ribuan. Xixi. Abisnya jebol mulu tabungannya. Tapi gak mau nabung di bank juga, ribanya itu looh… Ya ya, nti dicoba deh pake cara di atas, semoga berhasil. Yeyeah.

Sumber artikel di sini.