Bener kata ummi. Sok-sokan mudik lama tar sehari mudik aja udah kangeun Bandung. Uh

Throwback sehari sebelum boarding gak doyan makan. Packing bentar cz cuman bawa ransel. Sorenya main ke tempat cintaku Syaddad. Bakal lama ga cecemu nih. Pasti dia bakal kangen aku. Aku juga kangen kali. Giginya udah tumbuh satu. So precious moment. Trus mohon doa restu gitu ama semuanya cz mw mudik. Ihiw. Pada ngumpul semua nih, minus suami Mbae cz msh kerja. Pas salim satu² mohon doa restu mau mudik eh diejekin ama teh Inti, “Meuni geleuh” sambil dia ketawa². Syaddad aja ketiwi-ketiwi pas salim ama amah. Amah lucu yah dek.. Jadi kangeun deh ah. Pasti sepi gak ada amah kan. : |

Trus brangkat ke Kircon jam 4 sore macetnya lumayan jam stengah 7 baru nyampe Kircon. Gak gitu laper cuman sempetin mampir ke stan kebab aja buat beli makan malem. Biar ga atit. Kreta brgkt jam 8 tapi masih lama jadi makan dulu aja di main lobby. Kasian deh ada orang cirebon -klo ga salah- lagi sakit jd gelar tiker tidur di ruang tunggu, sakit saraf di bawa ke rumah sakit yg ada di bndg gitu. Tapi gak jadi sembuh yg awalnya masih bisa jalan jadi ga bisa jalan, ga doyan makan, muka jd menghitam. Kenapa ya tu. Kayak keracunan obat. Qodarullah sih. Tapi emang udah jadi kebiasaan kebanyakan orang, klo sakit cenderung fokus sama kuratif. Padahal sistem imun kita luar biasa tahan sama kanker sekalipun loh asal kita maksimalin kerja sistem imun kita. Caranya perbaiki pola makan & hidup. Nah lama² aku jadi terapis dan buka praktek nih. :” Pas liat orang sakit pengennya sih dikasih tau, tapi tar dikira sotoy ayam. Ah sudahlah.

Abis makan langsung naik kreta. Dan berdoa. Semoga bisa bobo selama menyusuri pulau Jawa. Ahay. Long night journey. Bener aja tu tidur nyenyak pas melek setengah sadar sempet ngira masih di rumah. Pas liat mbak yg duduk di depan baru ngeh klo masih di kereta.

Jam 7 sampelah ditujuan turun kreta. Lewat exit door dikejar-kejar taksi. Sampe capek jawab udah di jemput pak. Pas nunggu di sebrang stasiun ada bapak yg ramah banget nawarin ojek dan aku cuma kasih isyarat lima jari utk nolak, tanpa ngomong apa² & blio lgsg pergi. Kasian liat ekspresinya. Jadi feeling guilty. Kebiasaan di Bndg nih. Disini semua orang tu terlalu baik, pake senyum dan ramah. So sorry.

Sampe akhirnya abi dateng jemput. Ampe rumah biasanya bersih² trus lanjut tidor tapi kali ini ga bs. Kirain tetangga belum dateng. Eh ternyata udah standby dari pagi. Wahau so shamed.

Jadinya langsung masak deh. Udah beres eh mba Ana ga mau nganter ke depan. Liatin abi lagi entah ngapain-ga mgkn minta tolong nih. Heu. Akhirnya ikat niqab dan sengaja banget berenti depan abi, “Makan, pah”. “Iyah taroh sanah”. Aku lgsg jalan ke depan tarok nampan. Yess babeh ga marah liat pakai niqab. Biasa ajah. Kalo emak pasti udah protes nih. Heu. Mantap babeh. Thumbs up. Tapi babeh sibuk dah balik ke Palangka again. Okeh can’t wait nunggu akhir bulan babeh, emak, adek Eyi, ngumpul. Uhuhuw. Siap² bikin rusuh. ^^>