Salah satu tahapan yang “seru” dalam langkah bisnis: merekrut karyawan. Ini beberapa catatan utk UKM ya. Ketika mulai bisnis, semua kita lakukan sendiri. Dari mulai angkat-angkat, jual-jual sampe bersih-bersih. Hingga jualannya makin laris, udah ada
keuntungan, makin repot.. Saatnya rekrut karyawan.

Maunya rekrut karyawan yang pinter, inisiatif, makan bangku kuliahan. Tapi, apa daya kantong belom mampu. Alhasil, “seadanya” dulu. Cari karyawan yang penting: terpercaya + mau kerja keras,  minimal lulusan SMU lah, biar ga
susah ngajarinnya. Satu hal tentang merekrut karyawan:
jangan tergesa-gesa. Pikirkan baik2, “dia ini orang yang cocok apa ngga ya?”.

Karena, salah rekrut ini akan ngabisin waktu, ngabisin tenaga, ngabisin uang #percayadeh. Untuk GAJI, tanyain: kamu butuh berapa? Kalo kita sanggup, bayar atau lebihkan. Kalau ngga sanggup, mending jangan lanjut.

Bukan apa2, tapi kalo orang digaji di bawah kebutuhannya, pasti dia akan nyambi sana sini, ga fokus kerjanya. Setelah itu, AJARIN. Contohkan semua pekerjaan yang perlu ia lakukan. Pake modul (tertulis) supaya ngga ada yang
terlewat. Rajin-rajin CATAT detil pekerjaan karyawan. Sedikit-sedikit cicil tuh sistem bisnisnya.

Repost from @motivatweet.