Posts from the ‘inspirasi’ Category

Fix Your Heart


Ini tentang kehidupan yang sudah sekian lama kita jalani. Hidup yang kadang mudah kadang sulit. Kadang suka kadang duka. Kadang iman kadang futur. Memang beginilah kehidupan kita selama ini.

Bagaimana rumitnya hidup ini kuatkan hatimu. Stay strong, keep your head up & believe in Allah will always help you. Kalo bukan Allah siapa lagi yg bisa nolong kita. Kita aja gak mampu nolong diri kita sendiri. Get closer to Allah Ta’ala.

Kita butuh Allah untuk menolong dan menguatkan kita. Menuntun kita menuju jalan yang lurus. We need to depend on Allah and trust that what Allah has planned for we is the best we can have, for this life and the hereafter.

Fix your heart to Allah & followong sunnah of Rasulullah. Insyaa Allaah. Allah will make everything easier on us.

Biasakanlah Harga Profesional, bukan Harga “Ikhwan”


Mainstreamnya, kita kalau punya temen ikhwan punya usaha/bisnis rata2 pada minta “harga temen” / “harga ikhwan”.

Kalau menurut saya sih, mbok kita ini membiasakan diri dengan “harga profesional” gitu lho.

Justru karena kita punya temen yg punya usaha, harusnya kita sebagai temen bisa lebih “menghargai profesi” teman kita tersebut, bukannya malah nawar harga mati2an sampai temen kita sendiri hanya bisa dapat laba sedikit.

Paling tidak, dikit2 kita bisa membantu menumbuhkan roda perekonomian kaum muslimin lah.

Beda kasus, kalau si temen ini dengan sukarela ngasih harga istimewa pada kita, ya itu alhamdulillaah.

Saya punya video dokumenter ttg kehidupan orang2 kaya di Barat. Salah satu yg disorot adalah bandar judi di Las Vegas. Si bandar ini, kalau beli barang sangat pantang / gengsi untuk tanya: “Ini harganya berapa?”. Baginya, yg namanya laki2 “keren” itu tak pernah tanya harga pada barang berkualitas yang akan dibelinya.

Si Bandar itu jelas tidak bisa kita jadikan teladan. Tapi, paling tidak kita bisa membandingkan standar “keren” antara orang indonesia & orang barat tsb.

Dalam kasus di “kita”, sebagai muslim tentu kita dilarang berbangga2an dengan harta untuk sekadar disebut “keren”. Tapi, bagi saya: cukuplah seorang laki-laki itu disebut “keren” ketika ia bisa “menghargai profesi” saudaranya sesama muslim.

Dan “kadang”, salah satu bentuk penghargaan terhadap profesi seseorang, adalah dengan tidak menawar barang yang akan kita beli dari orang tsb. Ini -menurut saya- baru “keren”

Via Bintu Zainal As Salafy
via kronologi @yaGinanjar Indrajati Bintoro

– – – – – – – –

Sebagai calon mantu teladan tingkat kecamatan, akhir² ini sy kurang bisa juga nawar harga yg dikasih penjual. Mungkin ini pertanda sy sudah mulai belajar “menghargai profesi”. ^^/

Sy baru tau hari ini ada istilah  “Menghargai Profesi”. But it true mu mates. Yg paham masalah bisnis pasti tau klo cash flow bisnis hrs lancar tanpa hambatan kalo ngga lancar bisa kena kena stroke. ^^ Apalagi klo dh berkaryawan.. Dizzy dizzy deh. Artinya pusing pusing lah ikam

Gratisan


Karena yang namanya “gratisan’ banyak yg menyepelekan.

Mau dpt ilmu jaman dulu >> dari buku, numpang baca gratisan di gramed, minjem tmn, nyewa || karena koneksi internet msh naudzubileh susehnye.

Sekarang, modal “gadget” yg.dipegang, bisa tau semua informasi, ilmu gratisan bertebaran, gampang banget di akses, beda banget sama dulu.

Di internet itu banyak informasi bermanfaat bersliweran, tapi karena gratis banyak yang mengabaikan.

Tapi saat butuh akan suatu jawaban, baru deh banyak nanya kesana-kesini, lupa kalo pernah dibahas, ya namanya juga gratisan.

~@Bbfreakz

Menciptakan Kebahagiaan


image

Cek ATM mah

Gimana? Sudahkah masa perubahan itu tiba? Kata Om Billy salah satu cara utk menemukan kebahagiaan adalah dgn cara menciptakannya. Kalo kamu merasa kurang bahagia, maka CIPTAKANLAH..

Menciptakan Kebahagiaan

Bahagia adalah ketika kita bisa membuat orang yg kita sayangi menjadi bahagia. Dan prioritaskan kpd ORANG TUA. Mumpung mereka masih ada, bahagiakanlah mereka..

Pahala insyaa Allaah.

Sedih. Pada masa anak sudah bertumbuh jadi dewasa dan mandiri. Tidak peduli lagi dgn orang tuanya, padahal kondisi keuangan orang tuanya sedang sulit. Apa salahnya menolong meski sedikit. Terkadang mereka hanya perlu dukungan dan dekat dg anaknya.

Atau lagi anak yg sudah stabil kondisi keuangannya. Gak peka dgn kesusahan orang tuanya. Mungkin lagi perlu mau beli apa gitu. Sampe malu² orang tuanya datang ke anaknya pinjem uang. Apalagi kalau sdh berkeluarga menantu jd rada sensi klo di minta tolongin mertua. Innalillaahi wa inna ilayhi raji’un. Anak macem apa itu..

Semoga kita termasuk anak sholeh, rajin ngaji, orang tua disayangi.

Ridho orang tua, ridhonya Allaah..

*hug my Pap & Mum*

Gaun Pengantin Muslimah


Nih ada beberapa rancangan gaun buat jadi bahan referensi buat yg mau merit.

Ni bikinan Hauri Colezzione.
image

Yang ini kurang tau rancangan siapa. Dpt share dr FD forum.
image
image

Read more…

Pengaruh ISTRI SOLEHAH Pada Pekerjaan Suami.


Abu Hurairah rodhiyallohu ‘anhu berkata: Aku mendengar Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

ﺍﻟْﺤَﻠِﻒُ ﻣُﻨَﻔِّﻘَﺔٌ ﻟِﻠﺴِّﻠْﻌَﺔِ ﻣُﻤْﺤِﻘَﺔٌ ﻟِﻠْﺒَﺮَﻛَﺔِ
Sumpah itu (memang biasanya) melariskan dagangan jual beli namun bisa menghilangkan berkahnya”.(HR. Al-Bukhari no. 1945 dan Muslim no. 1606)

Dari Abu Qatadah Al-Anshari rodhiyallohu anhu, bahwa dia mendengar Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ﺇِﻳَّﺎﻛُﻢْ ﻭَﻛَﺜْﺮَﺓَ ﺍﻟْﺤَﻠِﻒِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﻴْﻊِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳُﻨَﻔِّﻖُ ﺛُﻢَّ ﻳَﻤْﺤَﻖُ
“Jauhilah oleh kalian banyak bersumpah dalam berdagang, karena dia (memang biasanya) dapat melariskan dagangan tapi kemudian menghapuskan  (keberkahannya).”(HR. Muslim no. 1607)

Atau yang banyak terjadi di zaman ini dimana banyak orang berlomba-lomba memperkaya diri tanpa peduli apakah harta itu hasil korupsi, menipu, uang riba, dan lain sebagainya demi memenuhi tuntutan istri dan anak-anaknya.

Begitulah WANITA yang kufur pada suami menjadi pendorong bagi suaminya untuk berbuat dosa…

Adapun istri yang sholihah, ia akan selalu mengingatkan suaminya untuk senantiasa mencari rizki yang halal. Ia selalu mensyukuri pemberian suaminya walaupun sedikit, dan rela membantu suaminya jika suaminya tidak memperoleh apa apa.

Dia lebih menyukai hidup kekurangan daripada hidup berkecukupan tapi dari hasil rizki yang tidak halal. Betapa indahnya perkataan istri pedagang tersebut yang bersyukur terhadap suaminya : “ Wahai suamiku, bertaqwalah kepada Alloh, jangan engkau beri makan aku melainkan dengan yang thoyib (halal), jika engkau datang kepadaku dengan sedikit rejeki, aku akan menganggapnya banyak. Dan jika engkau tidak dapat apa-apa aku akan membantumu…”

Maka takutlah engkau wahai para wanita terhadap ancaman ini !!

ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ، ﻗَﺎﻝَ: ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ: « ﺃُﺭِﻳﺖُ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ
ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺃَﻛْﺜَﺮُ ﺃَﻫْﻠِﻬَﺎ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀُ، ﻳَﻜْﻔُﺮْﻥَ» ﻗِﻴﻞَ: ﺃَﻳَﻜْﻔُﺮْﻥَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ؟ ﻗَﺎﻝَ: ” ﻳَﻜْﻔُﺮْﻥَ
ﺍﻟﻌَﺸِﻴﺮَ، ﻭَﻳَﻜْﻔُﺮْﻥَ ﺍﻹِﺣْﺴَﺎﻥَ، ﻟَﻮْ ﺃَﺣْﺴَﻨْﺖَ ﺇِﻟَﻰ ﺇِﺣْﺪَﺍﻫُﻦَّ ﺍﻟﺪَّﻫْﺮَ، ﺛُﻢَّ ﺭَﺃَﺕْ ﻣِﻨْﻚَ
ﺷَﻴْﺌًﺎ، ﻗَﺎﻟَﺖْ: ﻣَﺎ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﻣِﻨْﻚَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻗَﻂُّ “

Dari Ibnu Abbas, ia berkata: Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Neraka diperlihatkan kepadaku, ternyata kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita.”Para sahabat bertanya: “Apakah karena mereka kufur terhadap Alloh?”, Beliau menjawab: “mereka kufur terhadap suami dan mengingkari kebaikannya, seandainya engkau berbuat baik pada salah seorang dari mereka selama satu tahun kemudian ia melihat sesuatu (yang tidak ia sukai) darimu, ia akan mengatakan: “Aku tidak pernah melihat satu kebaikanpun darimu” [HR. al-Bukhori no. 29 dalam Bab Kufron al-Asyir Kufrun Duuna Kufrin]

Semoga Alloh menjadikan kita sebagai istri yang sholihah yang selalu mensyukuri kebaikan-kebaikan suami serta menjadi pendorong bagi suami untuk berbuat kebaikan

Sumber : WA Akhwat Bandung

Hanya 2 Menit


Teman, km suka denger radio ahlus sunnah?

Gampang ya skrg bisa di akses pake laptop, blackberry, atau android phone. Subhanallah mudah bgt ya buat dpt ilmu. Kapanpun dan dimanapun bisa akses ilmu.

Dan lagi, bisa sambil mendakwahkan ilmu syar’i.

Klo dg ucapan kita mereka blm bisa menerima. Itu artinya kita harus lebih banyak belajar lagi. Jangan memaksa atau bicara kasar. Dakwah salaf itu lemah lembut kan?

Sambil kita terus belajar kita lakukan hal-hal ini:

Meletakkan majalah manhaj salaf di tempat strategis.

Strategis ya. Misalnya di ruang tamu. Di tempat-tempat biasa duduk santei lah. Banyak yg berhasil ama cara ini. Great idea, right?

And then what?

Stel radio atau rekaman manhaj salaf via BB, andro, atau media lainnya..

Pake BB full serpis, bro-sist. Then instal radio-app nya. Puterin deh pas pul kumpul fams. Potong aja kabel TV-nya. *ampon mak*

Bisa distel mas makan bareng. Gitu. Trus biasanya sih lama-laama jd apal ayat pembukanya yg “Innal hamdalillaah….”. Good.

Kajian hanya 2 menit

Klo blm bs denger kajian yg panjang. Bagus jg dg kajian ringkas. Nah Ini ni tausiah versi ringkas. You can download it. Cuma 1-2 menit.

Biasanya ini ada di jeda iklan radio.

>> Kajian 2 menit

Singkat-padat-jelas-jleb banget. Sebagai penasihat diri.

Jangan merasa lelah

Berdakwah hrs dgn kesabaran, temans. Karena hidayah bukan di tangan kita, bahkan nabi aja ga kuasa. Semua atas kehendak Allaah.

Dakwah terhadap diri sendiri dan keluarga. Diri kita lebih berhak utk di dakwahi, lalu keluarga dan sahabat.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻗُﻮﺍ ﺃَﻧﻔُﺴَﻜُﻢْ ﻭَﺃَﻫْﻠِﻴﻜُﻢْ ﻧَﺎﺭًﺍ

“Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahriim: 8)

Just for self reminder

Jangan pernah merasa klo diri kita lebih baik.

Orientasikan apa yg kita lakukan tuk nasihati diri.

Sekali lagi, jika org yg kita ingatkan blm tergerak utk berubah lebih baik, gimana caranya?

Ya caranya kita harus lebih rajin tholabul ‘ilm. Klo kita punya pemahaman yg benar insyaa Allaah mudah jg memahamkan org lain.

Semoga manfaat.
Allahu a’lam.