Posts tagged ‘hidayah’

Aku Sakit Jiwa


Ada yg kuncluk-kucluk duduk disebelahku trus curhat trus bilang, “Sebenernya aku pernah sakit jiwa”. Rada kaget kok bilangnya gitu.

Gangguan jiwa atau kelainan mental itu macem-macem. Ada yg ringan ada yg  parah. Pemicunya ada yg karena cacat mental dari lahir, karena ada kerusakan bagian otak, dan krn kondisi kejiwaan. Gitu.

Klo susah tidur, gugup, murung, cemas, khawatir juga termasuk gangguan jiwa tp ringan banget dan masih wajar lah.

Nah ada yg sedang. Jadi kayak setengah sadar gitu. Inget apa yg dikerjain tapi ga bisa kontrol diri gitu.

Nah itu si Bunga (bukan nama sebenarnya .red) itu dia bilang dia masuk ke golongan ringan, cz masih banyak sadarnya. Masih bisa kerja.

Dia bilang dia inget klo dia lg kumat. Tapi ga bisa kontrol diri. Katanya sih keturunan. Tapi menurutku ini bukan keturunan. Tapi klo diliat dari ceritanya, kayaknya ini krn kondisi psikisnya yg sering ngerasa kesepian, tertutup, dan sedih.

Dan alhamdulillah dia tau, klo penyakitnya ini bisa disembuhkan dg belajar ilmu agama. YEAH RIGHT!

Emang gitu lah ceman-ceman. Orang yg belajar ilmu agama dg benar insyaa Allaah ga akan kena penyakit gangguan jiwa. Krn Allaah itu SUMBER KEKUATAN. Jadi, ketika ketika kita mencari kekuatan, maka mendekatlah kpd Allaah. Jgn ke dukun.

Dan bagian yg paling menguatkan adlh wkt belajat tt BAB TAUHID.

Don’t excuse please. Belajar agama itu penting. Pelan² kita mulai dari baca majalah jg gpp.

Setiap kita itu juga berproses.

Ngajarin orang lain juga butuh kesabaran. Seperti orang lain yg juga sabar sampai kita mencapai hidayah seperti sekarang.

Alhamdulillaahiladzi bini’matihi tatimmusholihaat..

Hanya 2 Menit


Teman, km suka denger radio ahlus sunnah?

Gampang ya skrg bisa di akses pake laptop, blackberry, atau android phone. Subhanallah mudah bgt ya buat dpt ilmu. Kapanpun dan dimanapun bisa akses ilmu.

Dan lagi, bisa sambil mendakwahkan ilmu syar’i.

Klo dg ucapan kita mereka blm bisa menerima. Itu artinya kita harus lebih banyak belajar lagi. Jangan memaksa atau bicara kasar. Dakwah salaf itu lemah lembut kan?

Sambil kita terus belajar kita lakukan hal-hal ini:

Meletakkan majalah manhaj salaf di tempat strategis.

Strategis ya. Misalnya di ruang tamu. Di tempat-tempat biasa duduk santei lah. Banyak yg berhasil ama cara ini. Great idea, right?

And then what?

Stel radio atau rekaman manhaj salaf via BB, andro, atau media lainnya..

Pake BB full serpis, bro-sist. Then instal radio-app nya. Puterin deh pas pul kumpul fams. Potong aja kabel TV-nya. *ampon mak*

Bisa distel mas makan bareng. Gitu. Trus biasanya sih lama-laama jd apal ayat pembukanya yg “Innal hamdalillaah….”. Good.

Kajian hanya 2 menit

Klo blm bs denger kajian yg panjang. Bagus jg dg kajian ringkas. Nah Ini ni tausiah versi ringkas. You can download it. Cuma 1-2 menit.

Biasanya ini ada di jeda iklan radio.

>> Kajian 2 menit

Singkat-padat-jelas-jleb banget. Sebagai penasihat diri.

Jangan merasa lelah

Berdakwah hrs dgn kesabaran, temans. Karena hidayah bukan di tangan kita, bahkan nabi aja ga kuasa. Semua atas kehendak Allaah.

Dakwah terhadap diri sendiri dan keluarga. Diri kita lebih berhak utk di dakwahi, lalu keluarga dan sahabat.

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻗُﻮﺍ ﺃَﻧﻔُﺴَﻜُﻢْ ﻭَﺃَﻫْﻠِﻴﻜُﻢْ ﻧَﺎﺭًﺍ

“Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahriim: 8)

Just for self reminder

Jangan pernah merasa klo diri kita lebih baik.

Orientasikan apa yg kita lakukan tuk nasihati diri.

Sekali lagi, jika org yg kita ingatkan blm tergerak utk berubah lebih baik, gimana caranya?

Ya caranya kita harus lebih rajin tholabul ‘ilm. Klo kita punya pemahaman yg benar insyaa Allaah mudah jg memahamkan org lain.

Semoga manfaat.
Allahu a’lam.

Kisah tt Akhir Yang Menakjubkan (True Story)


Bismillahirrohmanirrrohim
.

Tatkala masih di bangku sekolah, aku masih hidup bersama kedua orang tuaku dalam lingkungan yang baik. Aku selalu mendengar do’a ibuku saat pulang dari keluyuran dan begadang malam. Demikian pula ayahku, ia selalu dalam shalatnya yang panjang. Aku heran, mengapa ayah shalat begitu lama, apalagi jika saat musim dingin yang menyengat tulang. Aku sungguh heran. Bahkan hingga aku berkata kepada diri sendiri : “Alangkah sabarnya mereka…setiap hari begitu…benar-benar mengherankan!” Aku belum tahu bahwa di situlah kebahagiaan orang mukmin, dan itulah shalat orang-orang pilihan…Mereka bangkit dari tempat tidurnya untuk bermunajat kepada Allah.