Saya punya pengalaman suram tentang charger atau adaptor laptop. Baca deh cerita ini, mudah-mudahan bisa jadi pelajaran untukmu atau temenmu, biar hati-hati dalam memilih charger laptop. Serius ini. Dengerin baik baik ya…

Sekitar bulan Maret waktu di Bekasi, Qodarullaah, charger saya tiba-tiba mati. Saya coba ganti colokan deket saklar itu, ternyata ga bisa, ganti kabel induk yang punya temen.. Eh ternyata gak bisa juga. Yasudah.. akhirnya ngangkrak sekitar seminggu itu laptopnya…

Sekitar bulan April ditugasin ke Bandung, akhirnya menjelajah BEC untuk cari charger baru… Atas rekomendasi temen saya, akhirnya saya beli charger yang abal-abal lupa namanya apa… Harganya 200rb-an (kalo ga salah inget…) Itu bisa dipakai sampai berbulan-bulan… Tapi ternyata sisi lainnya adalah… tempat nyolok charger yang di laptop itu lama-lama meleleh. Karena chargernya ga masuk sempurna ke lubang chargingnya.. Pass nyolokinnya ada percikan api. Sedikit-sedikit meleleh, akhirnya sampai sekitar bulan Desember lelehnya makin gede, parah dan waktu di colokin chargernya itu gak mau ngisi ke laptopnya. Padahal kemarin itu waktu-waktu urgent buat ngerjain PA… 

Jadilah akhirnya saya terpaksa harus hunting charger lagi yang murah-meriah… Secara, keuangan lagi surut dan lagipula, karena lubang charging laptop saya  leleh dan membesar, efek lainnya adalah ->  charger yang tipe original gak bisa lagi masuk... Fuhfuhfuh…

Yasudahlah, akhirnya di rekomendasi sama temen saya untuk beli ke orang yang jual charger Universal di BEC. Harganya murah meriah 95rb (kalo ga salah inget). Sebenernya ada lagi yang lebih mahal harganya sekitar 180rb-an… Kata mas-masnya lebih awet.. Fyuh… Kalo di lihat dari fisiknya kurang lebih sama aja.. Kata temen saya juga, kalau mau beli charger yang manapun yang penting lihat masa garansinya… Lebih lama masa garansinya lebih baik.. Dan waktu itu garansinya sama-sama satu pekan… Yaudah, beli yang biasa ajah…

Setelah dua atau tiga hari pemakaian, ternyata charger universal ini mati. Karena masih garansi, saya tuker ke toko yang jual.. Alhamdulillaah diganti dengan yang baru…

Akhirnya dipakailah charger yang baru… Gak selang berapa lama.. mati juga… Tapi kalau lama gak di pakai, pas di coba di colok lagi bisa..tapi mati lagi.. Akhirnya saya minta tolong ke temen baik saya untuk coba colok di laptopnya bisa apa nggak.  Baru sekitar 15 menit kemudian saya di telpon.. kabel induk charger saya itu meledak… Wuih.. Serem kan… EMang rezekinya temen saya sih.. Pas banget meledaknya di rumahnya.. hehehe.. #ups.

Oke akhirnya saya pasrah. Laptop saya emang gak bisa di tolong lagi dan karena terdesak untuk ngerjain PA, akhirnya saya beli netbuk yang murah meriah udah gitu pake nawar dan belinya pas tokonya udah mau tutup akhirnya dikasih potongan harga.. Kasian keknya liat saya…

Yasudah, akhienya sampai bulan februari kemarin kepikiran buat beli pretelan laptop rusak, untuk ganti casing laptopnya gitu. Pas banget juga ada temen saya itu laptopnya rusak dan speknya sama dengan laptop saya. Akhirnya saya tanya casing yang bagian bawahnya ternyata masih ada… Alhamdulillaah gratis..rezeki emang gak kemana… Laptop ini juga harus  buru-buru dibenerin, soalnya ada skripsi temen saya nangkring di laptop itu.. Huhu…

Sampe segitunya efek lubang charging rusak, sampai ganti body laptop. Kalau ga dapet pretelan laptop udah wassalam ga bisa nyala lagi. Hati-hati aja deh ya. Udah dapet casingnya, akhirnya awal maret ini bisa diservis, di bongkar… Terus ada yang harus di solder gitu yaudah di solder bayarnya 90rb. Sampai sini body laptop udah bener. Jadi lebih ati-ati beli charger laptop.

Terus pas banget ada temen saya yang jual charger OEM namanya.. Itu charger original tapi belinya bukan lewat dealer. Harganya sekitar 200rban. Lumayan  dapet garansi satu tahun lagi. Kalau ada uang lebih sih lebih beli lewat dealer resmi. Lebih terjamin.

Alhamdulillaahiladzi bini’matihi tatimmush-shalihaat… Seeennneeeng bangeett, akhirnya laptop saya bisa nyala lagi… pas chargernya dateng, kirain chargernya polosan dan gak ada mereknya… Eh ternyata sama bentuknya dan tulisannya sama banget kayak charger asli laptop HP 6520s saya yang rusak dulu… Syuka syangat deh..

adaptor HP 6520s – Ini charger aku…

Ini kronologi laptop saya , lihat di sini… Mau lihat laptop saya versi benernya, klik di sini dan di sini