Posts tagged ‘islam’

Bertahan dalam Pernikahan


Sudah sekian lama waktu yang telah berlalu. Pernikahan telah berjalan satu dua tiga tahun. Sebelum menikah banyak cobaannya. Macem-macem keraguannya. Setelah menikah makin berat ujiannya. Yang sulit adalah bagaimana caranya bisa bertahan.

Menikah dengan orang yang mencintaimu, karena kamu akan dicintai. Daripada berharap dengan orang yang kamu cintai tapi ternyata dia tidak mencintaimu dan tidak kunjung datang kepadamu.

Semua tidak selamanya tentang cinta. Tapi tentang rasa kasih sayang dan tanggungjawab. Carilah laki-laki yang dekat dengan ibunya niscaya iya akan tahu bagaimana memperlakukan istrinya kelak. Menjaga kata-kata tidak menyakiti perasaan. Memperlakukan dengan baik dan memaafkan kesalahannya. Mendidik anak dan Read more…

Advertisements

Melihat dan Berfikir


Sering aku melihat, kemudian aku berfikir. Banyak manusia-manusia terbelenggu oleh pikirannya sendiri dan akhirnya mempengaruhi terbatasnya ruang gerak dan sempitnya tutur kata mereka dan pemikiran mereka.

Seandainya seandainya itu boleh. Mungkin aku udah lelah untuk berandai-andai.

Dan akhirnya aku menyadari, apa yang Allaah perintahkan itu adalah kemudahan untuk kita. Dan apa yang kita  kerjakan di luar  (“melanggar”) dari perintah Allaah sama saja dengan mempersulit dan memberatkan diri sendiri.

Yah, aku mulai semakin menyadari itu..
Betapa sempurnanya ISLAM menjaga dan menata kehidupan para pemeluknya, melalui syari’at.

Dan terjaganya keaslian ajarannya, melalui riwayat hadits yang bersambung sampai ke Rasulullaah Salallaahu ‘alayhi wassalam. Tidak ada yang seperti ini kecuali ISLAM.

* * *

Semakin sedikit yang menyadari tu. Tidak perlu heran.
Karena orang-orang pilihan Allaah itu sekarang ini dalam keadaan terasing, al ghurobaa.

* * *

Semoga aku dan kamu istiqomah, terus berada di jalan kebenaran ini. Allaahuma aamiin.

 

 

 

 

 

 

 

Kisah Keren Muamalah dengan Tetangga Non Muslim


Muamalah

Duduk manis, dengerin deh kisah keren dari Al Imam Hasan Al Bashri rahimahullaah dengan tetangganya yang non muslim. Cerita ini di dapet pas dengerin radio Al Madinah – Solo.

Jadi ceritanya gini, Al Imam tinggal di sebuah dan punya tetangga non muslim. Suatu hari tetangganya itu membuat tempat membuang hajat di atas loteng rumahnya dan tanpa di sadari air kencingnya itu bocor dan menetes ke dalam rumah Al Imam Hasan Al Bashri.

Melihat air yang menetes terus-menerus, mencarikan wadah biar airnya ga kemana-kemana. Beliau gak protes atau mengadu ketetangganya itu, tidak juga menceritakan kepada tetangga-tetangga yang lain. Beliau bersabar, karena Al Imam Hasan Al Bashri teringat tentang hadist Rasulullaah Salallaahu ‘alayhiwassalam, “Barangsiapa beriman kepada Allaah dan hari akhir, hendaknya memuliakan tetangganya“. Subhanallaah. Read more…

Belajar di PalTalk


Nongkrong #aseeg

Kegiatan paling aseegg. Duduk manis sambil dengerin kajian di Paltalk. Pas banget nih, temanya. Adab-adab menuntut ilmu. 

Sedikit fawa’id :

Seorang tholabul ‘ilm tidak meremehkan amalan-amalan sunnah & mustahab. Tidak meremehkan sampai meninggalkan karena mengganggap ilmu itu lebih penting dari pada amalan sunnah.
Amalan itu mendukung difahamkannya ‘ilmu. Yang paling penting itu adalah penerapan dalam amal, bukan semata-mata ‘ilmu pengetahuan semata.
Allaahu a’lam.

Paltalk > Religion & SPiritual > ISLAM > Kajian Ilmiah Ahlusunnah waljamaah. 

 

Meila, Mahasiswi yang Wafat di Tengah Semangatnya Berdakwah


Kisah ini diceritakan langsung oleh Bu Azizah, ibunda Meila,


“Sewaktu membuka penutup jenazah, saya merasa ada wangi tertentu, namun saya tidak tahu itu wangi apa.

Rofiqo Meila sari, anak saya yang ketiga dari lima bersaudara, lahir tanggal 18 Mei 1987. Pada anak-anak saya itu, saya menyimpan harapan yang sama, yakni mereka mencapai pemahaman agama yang baik dan meningkat terus. Pada anak-anak, saya lebih banyak mencontohkan untuk dekat pada agama melalui perbuatan sehari-hari. Misalnya, dengan melihat orang tuanya shalat malam, shalat dhuha dan puasa sunah, anak-anak pun akan ingin melakukannya, setelah mengetahui kebaikan di balik ibadah-ibadah itu. Read more…