Suki ni shiro..!
Suki ni shiro..!
Tsumannai naaaaaa……
Bahasa apa itu coba? Dari kemarin kosa-kata bahasa Jepang banyak yang keluar. Kalo ada ada yg tiba-tiba bilang begitu di depanmu dan kamu bingung mau jawab aja. Bilang aja “Wakaranai, wakaranai” artinya gak ngerti.  .

Lagi Be-Te bangeetttt neeeeeFuhfuhfuh. Ada orang yang aneh githuh. Hhhh. Yhew, so complicated.

Terlepas dari kebingungan tentang bahasa yang kutulis hari ini. Simak aja deh beberapa kosa kata yang kutemukan secara random hari ini.

Nani o shite-ru  = Hai, lagi apa ?
Gomen ne, jama shimasu = Maaf, aku ganggu…
Akichatta yoo ne = Aku bete banget sama kamu.
Atashi ni wasurecha yoo = Lupakan saja aku !

moo osooi, nemunakucha naranai kara  = Hari sudah malam, aku harus tidur
Shibaraku ni sms shinai = Dah lama gak sms
Suki ni shiro..! = serah lo deh !

Yatta..!! = berhasil !
Tsumannai na~  = membosankan~
mada nenaidesu = Masih belom tidur
(watashi wa) mada tabemasen desu = saya belum makan

Doushite? = Kenapa?
Dare? = Siapa?
Wakatta = Oke,mengerti
Wakaranai = Tidak mengerti
Chotto matte = Tunggu sebentar
Ima doko? = Di mana?
Kawaisou ni = kasihan
Masaka = Ngga mungkin….
Hontou ni? = Benar begitu? Really?

Tsumaranakatta = uninteresting, boring

zettai ni =  pasti/absolutely
ex: kondo wa zettai ni makenai! = kali ini gw ga akan kalah!
iku yo! zettai ni iku! = pasti! gw pasti datang!

Tsumanai yo = BeTe

shiranai = ngga tau
wakaranai = ngga ngerti

Mada byouki ka…?? = kamu masih sakit ?

odaiji ni  = semoga cepat sembuh ya, casual
gobyouki ga zenkai nasareru you ni  =semoga cepat sembuh ya , resmi

ashita, iku no? renraku shite ne.. = kalo besok jadi pergi? hubungi aku ya..

1. Beda Toki & Jikan
toki–> mendeskripsikan waktu tanpa batas yg jelas ex: ano jiken no toki, boku ga kaetta toki ni..
jikan–> mendeskripsikan waktu dgn batas yg jelas, ex: ichi jikan, san jikan, etc.

2. calm down–> ochitsuku/落ち着く
tp klo mo memerintahkan seseorang untuk tenang, jadi nya ochitsuke/ochitsuite kudasai

3. yg membedakan mungkin krn ‘waktu terjadi akibatnya’.
wasureteta–> akibat yg u rasakan krn lupa tsb yg menjadi topik pembicaraan saat ini. ex: ada temen nanya, ‘knp hari ini ga bawa buku?’ disini u jawabnya ‘wasureteta’

wasureta–> akibat dr lupa tp terjadi dimasa lampau, dan ga relevan lagi saat ini
ex: temen u nanya, ‘knp minggu kmrn lo ga bawa buku?’ nah u jawabnya ‘wasureta’